Belajar CodeIgniter

Posted: July 18, 2011 in Ilmu Komputer

Belajar CodeIgniter – Mengenal Framework dan MVC

pengenalan codeigniter

Apakah anda merasa melakukan coding yang berulang-ulang setiap project yang anda kerjakan? lupa harus mulai darimana ketika 1 bulan kemudian program anda menemui masalah dan harus dibenahi? atau anda dipusingkan ketika harus menambahkan fitur/modul dari program anda?

Mungkin sudah saatnya anda memikirkan menggunakan Framework mulai sekarang, dalam tulisan ini akan dibahas salah satu PHP Framework yaitu CodeIgniter. apa itu codeigniter, mengapa codeigniterdan, bagaimana codeigniter bekerja, apa kekurangan codeigniter dan apakah codeigniter cocok buat anda?, mari kita bahas satu persatu.

Belajar CodeIgniter – Mengenal Framework dan MVC

pengenalan codeigniterApakah anda merasa melakukan coding yang berulang-ulang setiap project yang anda kerjakan? lupa harus mulai darimana ketika 1 bulan kemudian program anda menemui masalah dan harus dibenahi? atau anda dipusingkan ketika harus menambahkan fitur/modul dari program anda?

Mungkin sudah saatnya anda memikirkan menggunakan Framework mulai sekarang, dalam tulisan ini akan dibahas salah satu PHP Framework yaitu CodeIgniter. apa itu codeigniter, mengapa codeigniterdan, bagaimana codeigniter bekerja, apa kekurangan codeigniter dan apakah codeigniter cocok buat anda?, mari kita bahas satu persatu.

Apa itu CodeIgniter?

CodeIgniter adalah sebuah application framework opensource untuk bahasa pemrograman PHP yang bertujuan untuk membuat proses develop sebuah aplikasi/project menjadi lebih mudah dan cepat, daripada harus mengerjakan semuanya dari dasar.

Dengan tersedianya sekumpulan library untuk proses-proses yang umum codeigniter memberikan anda fokus lebih hanya kepada logic project yang sedang anda kerjakan bukan kepada proses-proses dasar dari pemrograman itu sendiri.

Mengapa CodeIgniter?

Banyak sekali pilihan framework untuk anda pilih diluar sana tapi mengapa harus codeigniter, tentu anda plus minusnya.

Kelebihan CodeIgniter:
1. Dokumentasi Lengkap
Bisa dibilang dokumentasi codeigniter sangat lengkap sangat mudah dipahami, tidak hanya berupa list dari method-method yang ada di codeigniter, tapi lebih seperti sebuah ensiklopedia ditambah dengan contoh penggunaannya.

2. Plug & Play
Tentu tidak sedikit framework yang pada tahap instalasi saja sudah memusingkan anda, belum lagi ada yang mengharuskan anda mempunyai role sebagai system administrator, tentu ini tidak memungkinkan jika kita pakai jasa share hosting. Tidak dengan CodeIgniter, cukup setting config.php dan that is it… CodeIgniter Installation Alakadarnya :p

3. Small Simple Yet Fast
CodeIgniter bukanlah Framework kelas Enterprise yang BESAR dan BERAT, framework ini didesain untuk pengembangan aplikasi kelas menengah tapi… jika anda ingin meng-extend CodeIgniter lebih JAUH lagi telah tersedia plugin untuk anda pilih sesuai kebutuhan.

4. Model – View – Controller
Dengan Model View Controller (MVC) design pattern ini akan memudahkan kita untuk meng-organize aplikasi kita. Model hanya mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan database, Controller berisi logic dari aplikasi kita dan View untuk tampilan frontend.

5. Small Learning Curve
Dengan dokumentasi yang bisa dibilang sangat bagus dan jelas proses belajar framework ini menjadi sangat mudah dan menyenangkan (programmer kan juga butuh proses pembelajaran yg menyenangkan).

Bagaimana CodeIgniter Bekerja?

Sudah sedikit kita ketahui kalau CodeIgniter menggunakan MVC design pattern, dan untuk lebih detil seperti apa flow control dari framework ini :

codeigniter flow control

Semua dimulai dari request lewat browser (index.php) lalu di proses oleh Router dan jika ada cache untuk request tersebut maka langsung tampil ke browser, jika tidak maka lanjut untuk di filter oleh Security dan masuk ke Controller untuk di proses. Di Controller akan berinteraksi dengan Model, Plugin dll jika memang memerlukannya saja.

Begitu Controller selesai dengan segala prosesnya akan di parse ke View atau bisa juga dibilang template dan ditampilkan ke browser.

Kekurangan CodeIgniter

1. Meskipun Open Source CodeIgniter tidak dikembangkan oleh komunitas tapi oleh EllisLab (pengembang Expression Engine) sehingga membuat update dari core engine tidak secepat Framework yang dikembangkan oleh komunitas.

2. Jika terjadi error yang berhubungan dengan Framework, mau tidak mau kita harus searching dan browsing masalah tersebut.

3. Bukan untuk kelas enterprise, meskipun bisa di extend dengan tersedianya banyak library dari komunitas.

4. Tidak ada support, tentu saja tidak ada support karena open source. Sebagai gantinya anda harus sering-sering mampir di forum-forum codeigniter.

Apa CodeIgniter Untuk Saya?

Untuk bagian ini saya kutipkan langsung dari dokumentasinya CodeIgniter. Jika anda memenuhi kriteria dibawah, artinya anda cocok untuk menggunakan CodeIgniter :D

1. You want a framework with a small footprint.
2. You need exceptional performance.
3. You need broad compatibility with standard hosting accounts that run a variety of PHP versions and configurations.
4. You want a framework that requires nearly zero configuration.
5. You want a framework that does not require you to use the command line.
6. You want a framework that does not require you to adhere to restrictive coding rules.
7. You are not interested in large-scale monolithic libraries like PEAR.
8. You do not want to be forced to learn a templating language (although a template parser is optionally available if you desire one).
9. You eschew complexity, favoring simple solutions.
10. You need clear, thorough documentation.

Bagaimana? apakah CodeIgniter cocok untuk anda? cocok atau tidak memang suatu saat nanti anda pasti harus mulai menggunakan framework entah itu CodeIgniter atau yang lainnya, sebagai tambahan saya tunjukkan kelebihan lain menggunakan framework.

kelebihan codeigniter

Jadi, apa ada yang bisa bantu saya menjelaskan apa yang dimaksud dengan gambar di atas?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s